Diposkan oleh On 10:42 PM with No comments

Sobat DMF, kali ini admin akan berbagi dokumen penerimaan dan catatan inventaris barang dari dana BOS. Setiap barang inventaris yang telah dibeli terutama dari dana BOS, sekolah wajib melakukan pencatatan terhadap hasil pembelian tersebut. Ada 2 tahap pencatatan yang harus dilakukan oleh sekolah, yaitu penerimaan, serta penyimpanan dan penggunaan.
1. Penerimaan
Barang inventaris yang diterima oleh sekolah sebagai hasil pembelian harus dicatat dalam buku penerimaan barang (Format BOS-07) sebagai bukti penerimaan barang.

Barang yang diterima atas pembelian harus dicocokkan dengan surat perintah kerja atau surat pemesanan yang ditandatangani Kepala Sekolah, yang dicocokkan berdasarkan jenis, jumlah barang, harga barang, dan kondisi fisik barang. Jika jumlah/harga sesuai dan kondisi barang baik, maka barang dapat diterima. Jika tidak, maka sebaiknya ditangguhkan atau diberi catatan.

2. Penyimpanan dan penggunaan
Seluruh barang inventaris yang telah dicatat penerimaannya oleh sekolah, pada tahap selanjutnya harus dicatatkan dalam buku inventaris barang (Format BOS-08).

Buku inventaris ini berfungsi untuk melihat kuantitas barang yang diterima, yang dipinjamkan kepada peserta didik apabila ada dan yang ada di sekolah.

Selain itu sekolah juga harus melaporkan setiap hasil pembelian barang inventaris kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan rincian jumlah dan harga setiap barang yang dibeli (Format BOS-9).
Oleh karena itu pada kesempatan ini admin membagikan kepada sobat yang membutuhkan Buku Penerimaan Barang dan Buku Pencatatan Inventaris Barang yang sudah siap cetak sehingga sobat bisa langsung mencetaknya dan sudah sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan dan pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah. Serta format rekapitulasi pembelian barang inventaris disekolah untuk dilaporkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.


BUKU PENERIMAAN BARANG
Klik Disini untuk Mengunduh


BUKU PENCATATAN INVENTARIS BARANG
Klik Disini untuk Mengunduh


FORMAT REKAPITULASI PEMBELIAN BARANG INVENTARIS DISEKOLAH
Klik Disini untuk Mengunduh


Masukkan email untuk mendapatkan update artikel DepotMyFile.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »