Diposkan oleh On 10:19 AM with No comments

Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah merupakan bagian dari implikasi penerapan Standar Nasional Pendidikan yang harus dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran bagi peserta didik kelas VI (enam) Sekolah Dasar yang diselenggarakan oleh sekolah.

Dalam pelaksanaannya perlu dibuatkan program / petunjuk teknis sebagai salah satu pedoman bagi sekolah dalam pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah yang sesuai dengan prosedur operasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Adapaun peraturan yang menjadi acuan dalam pembuatan program / petunjuk teknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah yaitu :

1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301)

2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4496)

3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/ Madrasah/ Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional.

4. Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan Atas PP Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

5. Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 009/H/HK/2015 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, Dan Penyelenggara Program Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2014/2015.

Sesuai dengan peraturan tersebut, penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah menjadi kewenangan sekolah. Dalam hal ini maka Petunjuk teknis / program pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrsah ini bersifat membantu menjabarkan peraturan tersebut secara lebih operasional, dengan tetap mengacu pada peraturan-peraturan diatas.

Bagi yang ingin mengunduh juknis Ujian Sekolah/Madrasah yang telah kami susun secara lengkap, silahkan tekan tombol download di bawah ini



Semoga Petunjuk teknis / program pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrsah ini dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.


Masukkan email untuk mendapatkan update artikel DepotMyFile.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »